A. INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK
MENINGKATKAN EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN ERA DIGITAL DI SEKOLAH DASAR
Jurnal ini di tulis
oleh Fuad Try Satrio utomo dari PGSD kampus serang Universitas Pendidikan Indonesia
tahun 2023 dengan judul “Inovasi Media Pembelajaran Interaktif Untuk
Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Era Digital Di Sekolah Dasar”.
Artikel ini mengatakan
Media pembelajaran berperan sebagai perantara antara guru dan siswa,
menyampaikan informasi dan materi pelajaran dengan cara yang lebih menarik dan
mudah dipahami. Keuntungan utama dari penggunaan media pembelajaran interaktif
adalah kemampuannya untuk menghadirkan informasi dalam berbagai bentuk visual
dan multimedia. Media pembelajaran interaktif dapat mendorong partisipasi aktif
siswa sekolah dasar dalam proses pembelajaran Permainan edukatif dan platform
belajar berbasis digital dapat memberikan tantangan dan tugas yang menarik bagi
siswa, sehingga mereka menjadi lebih aktif dalam mengembangkan pemahaman
mereka. Tantangan utama dalam mengembangkan media pembelajaran interaktif
adalah melampaui sekadar penggunaan teknologi yang canggih. Penting bagi para
pengembang media pembelajaran untuk memastikan bahwa media tersebut sesuai
dengan tujuan pembelajaran dan materi pelajaran yang diajarkan. Setiap elemen
interaktif harus mendukung pencapaian tujuan pembelajaran dan membantu siswa
sekolah dasar mencapai kompetensi yang diharapkan.
Metode yang digunakan
pada penelitian ini dengan Langkah pertama mencari dan mengumpulkan sumber
literatur yang relevan seperti jurnal, artikel, dan buku dengan menggunakan basis data Google Scholar,
JSTOR, atau PubMed terkait dengan pembelajaran media interaktif dalam bidang
Pendidikan. Metode ini juga menggunakan sintesis literatur dimana berbagai
sumber yang di temukan dalam basis data di gabungkan kemudian di analisis
menjadi suatu argument argument yang mencangkup mengenai media interaktif.
Selain itu, penelitian ini juga menggunakan metode perbandingan dengan
membandingkan dengan beberapa jurnal yang telah di teliti sebelum nya mengenai
pengembangan media interaktif.
Saya menganalisa hasil dari
penelitian ini adalah bertujuan untuk menyajikan suatu gambaran mengenai
inovasi media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan efektifitas
pembelajaran pada anak anak, yang mana banyak sekali inovasi media interaktif
seperti video pembelajaran, game edukasi dan juga platrom pembelajaran berbasis
digital. Hal tersebut dapat membuat ketertarikan dalam proses pembelajaran pada
anak anak dan hal tersebut juga memiliki
manfaat yaitu memberikan anak anak untuk memvisualisasikan suatu konsep.
Kesimpulan dari artikel ini adalah
pada perkembangan zaman ini bidang pendidikan juga harus dapat beradaptasi
dengan cara memberikan materi ppembelajaran dengan basis digital yaitu media
interaktif. Dengan banyak nya inovasi pembelajaran media interaktif seperti
video, game edukasi dan juga platfrom berbasis digital hal itu menjadikan anak
anak menjadi tertarik dan bersemangat dalam proses pembelajaran sehingga akan
meningkatkan efektifitas pembelajaran.
B. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS POWER
POINT
Jurnal ini
di tulis oleh Safrinus Gulo dan Amin Otoni Harefa dari Prodi Pendidikan Matematika,
FKIP, Universitas Nias, Indonesia tahun 2022 dengan judul “Pengembangan media
pembelajaran interaktif berbasis power point”
Artikel ini mengatakan Pendidikan merupakan hal yang sangat
penting bagi kehidupan karena pendididkan dapat mengubah pola piker manusia
menjadi lebih baik.Dimana Pendidikan yang berkualitas akan menciptakan sumber
daya manusia yang berkualitas. perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang
pesat bergantung pada perkembangan matematika. Matematika di pandang sebagai
pelajaran yang membosankan dan menakutkan karena peserta didik tidak memahami
peran penting matematika. Untuk itu perlu diciptakan lingkungan belajar yang
nyaman bagi peserta didik. Dalam lingkungan yang nyaman seperti itu, siswa
dapat lebih termotivasi untuk belajar, meningkatkan sikap mereka terhadap
matematika sehingga meningkatkan hasil belajar mereka.Media pembelajaran
interaktif dapat membuat suatu pengalaman belajar bagi siswa seperti dalam
kehidupan nyata disekitarnya karena dapat memudahkan siswa dalam memahami
materi pembelajaran.terdapat beberapa program komputer telah dikembangkan dan
sudah dimanfaatkan untuk mendukung keberhasilan pembelajaran matematika, salah
satunya adalah Microsoft PowerPoint. Microsoft PowerPoint adalah program yang
dikembangkan oleh Microsoft yang memungkinkan Anda untuk membuat media
pembelajaran interaktif.
Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah reserch dan
juga pengembangan yang mana metode ini digunakan untuk menguji keefektifan
produk.dengan menggunakan model DDD-E yaitu decide dengan menetapkan tujuan
suatu pembelajaran, menentukan tema media interaktif,mengembangkan kemampuan
pra syarat, dan menilai sumber daya.Selanjutnya adalah desain yaitu membuat
konten,membuat flowcart,membuat suatu tampilan dan juga storyboard, Selanjutnya
develop dengan menviptakan suatu media yang telah di rancang sesuai dengan
karakteristik peserta didik.Lalu evaluate yaitu proses untuk mengukur sesuatu
atau revisi.
Saya menganalisa hasil dari penenlitian ini adalah bertujuan untuk
meningkatkan proses efektifitas pembelajaran anak dalam pelajaran matematika
menggunakan media interaktif yaitu powerpoint dan menyajikan suatu pembelajaran
yang lebih menarik bagi siswa siswi. Sehingga proses belajar menjadi
menyenangkan dan tidak membosankan. Dan minat anak dalam belajar metematika
menjadi meningkat.
Kesimpulan dari artikel ini adalah perkembangan dalam proses
pembelajaran sangat penting bagi anak anak karena pengaruh proses pembelajaran
dapat terlihat dari menarik atau tidaknya proses pembelajaran tersebut.Dengan
proses pembelajran interaktif menggunakan power point menurut saya dapat
menjadikan minat anak dalam belajar matematika meningkat dan dapat cepat dalam
memahami suatu materi.
C. PENGARUH MEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN DALAM
PERKEMBANGAN KEGIATAN PEMBELAJARAN PADA INSTANSI PENDIDIKAN
Jurnal ini di tulis
oleh Alfa Dadi Putra dan Hasna Salsabila dari Universitas Pendidikan Indonesia
dengan judul “Pengaruh Media Interaktif Pembelajaran Dalam Perkembangan
Kegiatan Pembeajaran Pada Instansi Pendidikan”
Artikel ini mengatakan
Media pembelajaran merupakan suatu kunci utama dalam pembaharuan serta
pengembangan proses pembelajaran. Menurut Association for Education and
Communication Technology (AECT) media merupakan segala bentuk yang digunakan
untuk suatu proses penyaluran informasi. Miarso (1989) berpendapat bahwa media
merupakan segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan yang
dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemampuan siswa untuk
belajar (Rohani, 2019). Sedangkan National Education Association (NEA)
mendefinisikan media sarana komunikasi dalam bentuk cetak maupun audio visual
termasuk teknologi perangkat kerasnya (Rohani, 2019). Berdasarkan definisi
terkait media pembelajaran yang telah dikemukakan oleh beberapa lembaga dan
ahli diatas, media pembelajaran adalah alat yang dapat membantu proses belajar
mengajar yang berfungsi memperjelas makna pesan yang disampaikan sehingga
tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan lebih baik dan sempurna (Kustandi
& Darmawan, 2020). Media pembelajaran interaktif adalah media presentasi
yang didalamnya terdapat hypertext, hypermedia, sumber daya multimedia, sumber
daya berbasis web dan televisi cerdas. Media interaktif ini memiliki berbagai
keunggulan dibandingkan dengan media konvensional diantaranya, arus informasi
dua arah, informasi yang didapatkan dapat berbentuk audio-visual yang berdaya
rangsang tinggi. Situasi dan kondisi saat ini sangat mendorong penggunaan media
pembelajaran interaktif. Pengintegrasian teknologi dengan media pembelajaran
ini sangat dirasakan khususnya pada masa pandemi ini. Dimana pendidik dituntut
untuk bisa mengajak peserta didik untuk terlibat aktif dalam proses
pembelajaran yang mana media pembelajaran interaktif dapat menjadi salah satu
media yang dapat digunakan untuk mempermudah proses pembelajaran.
Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah menggunkaan
metode studi literatur yang di lakukan dengan cara menentukan topik
penelitian,menggumpulkan daftar pusaka ,membaca ,membandingkan serta mengelolah
daftar pusaka tersebut dengan mengaitkan dengan teori atau topik topik yang
relevan.
Media interaktif pada artikel ini dapat di nyatakan dapat membantu
mendorong perkembangan proses belajar anak menjadi kearah yang positif.dan
dapat meningkatkan efektifitas dan motivasi dalam proses pembelajaran karena
memiliki konsep yang menarik siswa untuk belajar dengan cara yang menyenangkan.
Kesimpulan dari artikel ini adalah media interaktif terbukti dapat
meningkatkan persentase keefektifitasan dan minat belajar siswa. Media
interaktif terbukti dapat membantu meningkatkan pemahaman konsep, prestasi
belajar dan kemampuan berpikir kritis.karena tampilan nya yang menarik media
interktif juga dapat membuat proses pembelajaran menjadi menyenangkan.
Kesimpulan dari ke 3 artikel yang sudah di review adalah perkembangan
teknologi berkambang sangat pesat semakin berkembangnya zaman maka dari itu
cepat atau lambat perkembangan teknologi tersebut harus di ikuti termasuk pada
bidang Pendidikan.Salah satu nya dengan cara memperkenalkan proses pembelajaran
dengan menggunakan Media interaktif.Ada banyak sekali inovasi pada media
interaktif yaitu Vidio pembelajaran,Game
edukasi dan Platfrom berbasis edukasi dan juga Animasi power point yang membuat
proses pembelajaran menarik dan juga menyenangkan.Apalagi bagi Pelajaran yang
terkesan membosankan seperti matematika dan fisika.Hal ini dapat menjadi suatu
cara agar proses pembelajaran menjadi mudah di pahami juga karena asik nya
dalam proses pembelajaran .Media interaktif ini harus di kembangkan dan di
terapkan oleh guru atau dosen dosen yang menggajar.Karena terbukti pada salah
satu penelitian pada jurnal ini bahwa proses pembelajaran menggunakan media
interaktif dapat meningkatkan efektifitas,motivasi dan minat anak dalam proses
belajar dan menciptakan suasana yang menyenangkan.
DAFTAR PUSAKA
https://www.researchgate.net/publication/374494541_INOVASI_MEDIA_PEMBELAJARAN_INTERAKTIF_UNTUK_MENINGKATKAN_EFEKTIVITAS_PEMBELAJARAN_ERA_DIGITAL_DI_SEKOLAH_DASAR
https://www.researchgate.net/publication/363472170_Pengembangan_Media_Pembelajaran_Interaktif_Berbasis_Powerpoint/link/631df6900a70852150e799b9/download?_tp=eyJjb250ZXh0Ijp7ImZpcnN0UGFnZSI6InB1YmxpY2F0aW9uIiwicGFnZSI6InB1YmxpY2F0aW9uIn19
https://ejournal.upi.edu/index.php/JIK/article/view/36282/pdf
Comments
Post a Comment