LITERATUR REVIEW 3 JURNAL MENGENAI MEDIA INTERAKTIF

 

A. INOVASI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN ERA DIGITAL DI SEKOLAH DASAR

    Jurnal ini di tulis oleh Fuad Try Satrio utomo dari PGSD kampus serang Universitas Pendidikan Indonesia tahun 2023 dengan judul “Inovasi Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Era Digital Di Sekolah Dasar.

     Artikel ini mengatakan Media pembelajaran berperan sebagai perantara antara guru dan siswa, menyampaikan informasi dan materi pelajaran dengan cara yang lebih menarik dan mudah dipahami. Keuntungan utama dari penggunaan media pembelajaran interaktif adalah kemampuannya untuk menghadirkan informasi dalam berbagai bentuk visual dan multimedia. Media pembelajaran interaktif dapat mendorong partisipasi aktif siswa sekolah dasar dalam proses pembelajaran Permainan edukatif dan platform belajar berbasis digital dapat memberikan tantangan dan tugas yang menarik bagi siswa, sehingga mereka menjadi lebih aktif dalam mengembangkan pemahaman mereka. Tantangan utama dalam mengembangkan media pembelajaran interaktif adalah melampaui sekadar penggunaan teknologi yang canggih. Penting bagi para pengembang media pembelajaran untuk memastikan bahwa media tersebut sesuai dengan tujuan pembelajaran dan materi pelajaran yang diajarkan. Setiap elemen interaktif harus mendukung pencapaian tujuan pembelajaran dan membantu siswa sekolah dasar mencapai kompetensi yang diharapkan.

      Metode yang digunakan pada penelitian ini dengan Langkah pertama mencari dan mengumpulkan sumber literatur yang relevan seperti jurnal, artikel, dan buku  dengan menggunakan basis data Google Scholar, JSTOR, atau PubMed terkait dengan pembelajaran media interaktif dalam bidang Pendidikan. Metode ini juga menggunakan sintesis literatur dimana berbagai sumber yang di temukan dalam basis data di gabungkan kemudian di analisis menjadi suatu argument argument yang mencangkup mengenai media interaktif. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan metode perbandingan dengan membandingkan dengan beberapa jurnal yang telah di teliti sebelum nya mengenai pengembangan media interaktif.

    Saya menganalisa hasil dari penelitian ini adalah bertujuan untuk menyajikan suatu gambaran mengenai inovasi media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran pada anak anak, yang mana banyak sekali inovasi media interaktif seperti video pembelajaran, game edukasi dan juga platrom pembelajaran berbasis digital. Hal tersebut dapat membuat ketertarikan dalam proses pembelajaran pada anak anak  dan hal tersebut juga memiliki manfaat yaitu memberikan anak anak untuk memvisualisasikan suatu konsep.

  Kesimpulan dari artikel ini adalah pada perkembangan zaman ini bidang pendidikan juga harus dapat beradaptasi dengan cara memberikan materi ppembelajaran dengan basis digital yaitu media interaktif. Dengan banyak nya inovasi pembelajaran media interaktif seperti video, game edukasi dan juga platfrom berbasis digital hal itu menjadikan anak anak menjadi tertarik dan bersemangat dalam proses pembelajaran sehingga akan meningkatkan efektifitas pembelajaran.

B.    PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS POWER POINT

     Jurnal ini di tulis oleh Safrinus Gulo dan Amin Otoni Harefa dari Prodi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Nias, Indonesia tahun 2022 dengan judul “Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis power point”

   Artikel ini mengatakan Pendidikan merupakan hal yang sangat penting bagi kehidupan karena pendididkan dapat mengubah pola piker manusia menjadi lebih baik.Dimana Pendidikan yang berkualitas akan menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas. perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang pesat bergantung pada perkembangan matematika. Matematika di pandang sebagai pelajaran yang membosankan dan menakutkan karena peserta didik tidak memahami peran penting matematika. Untuk itu perlu diciptakan lingkungan belajar yang nyaman bagi peserta didik. Dalam lingkungan yang nyaman seperti itu, siswa dapat lebih termotivasi untuk belajar, meningkatkan sikap mereka terhadap matematika sehingga meningkatkan hasil belajar mereka.Media pembelajaran interaktif dapat membuat suatu pengalaman belajar bagi siswa seperti dalam kehidupan nyata disekitarnya karena dapat memudahkan siswa dalam memahami materi pembelajaran.terdapat beberapa program komputer telah dikembangkan dan sudah dimanfaatkan untuk mendukung keberhasilan pembelajaran matematika, salah satunya adalah Microsoft PowerPoint. Microsoft PowerPoint adalah program yang dikembangkan oleh Microsoft yang memungkinkan Anda untuk membuat media pembelajaran interaktif.

  Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah reserch dan juga pengembangan yang mana metode ini digunakan untuk menguji keefektifan produk.dengan menggunakan model DDD-E yaitu decide dengan menetapkan tujuan suatu pembelajaran, menentukan tema media interaktif,mengembangkan kemampuan pra syarat, dan menilai sumber daya.Selanjutnya adalah desain yaitu membuat konten,membuat flowcart,membuat suatu tampilan dan juga storyboard, Selanjutnya develop dengan menviptakan suatu media yang telah di rancang sesuai dengan karakteristik peserta didik.Lalu evaluate yaitu proses untuk mengukur sesuatu atau revisi.

      Saya menganalisa hasil dari penenlitian ini adalah bertujuan untuk meningkatkan proses efektifitas pembelajaran anak dalam pelajaran matematika menggunakan media interaktif yaitu powerpoint dan menyajikan suatu pembelajaran yang lebih menarik bagi siswa siswi. Sehingga proses belajar menjadi menyenangkan dan tidak membosankan. Dan minat anak dalam belajar metematika menjadi meningkat.

   Kesimpulan dari artikel ini adalah perkembangan dalam proses pembelajaran sangat penting bagi anak anak karena pengaruh proses pembelajaran dapat terlihat dari menarik atau tidaknya proses pembelajaran tersebut.Dengan proses pembelajran interaktif menggunakan power point menurut saya dapat menjadikan minat anak dalam belajar matematika meningkat dan dapat cepat dalam memahami suatu materi.

C. PENGARUH MEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN DALAM PERKEMBANGAN KEGIATAN PEMBELAJARAN PADA INSTANSI PENDIDIKAN

    Jurnal ini di tulis oleh Alfa Dadi Putra dan Hasna Salsabila dari Universitas Pendidikan Indonesia dengan judul “Pengaruh Media Interaktif Pembelajaran Dalam Perkembangan Kegiatan Pembeajaran Pada Instansi Pendidikan”

      Artikel ini mengatakan Media pembelajaran merupakan suatu kunci utama dalam pembaharuan serta pengembangan proses pembelajaran. Menurut Association for Education and Communication Technology (AECT) media merupakan segala bentuk yang digunakan untuk suatu proses penyaluran informasi. Miarso (1989) berpendapat bahwa media merupakan segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan yang dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemampuan siswa untuk belajar (Rohani, 2019). Sedangkan National Education Association (NEA) mendefinisikan media sarana komunikasi dalam bentuk cetak maupun audio visual termasuk teknologi perangkat kerasnya (Rohani, 2019). Berdasarkan definisi terkait media pembelajaran yang telah dikemukakan oleh beberapa lembaga dan ahli diatas, media pembelajaran adalah alat yang dapat membantu proses belajar mengajar yang berfungsi memperjelas makna pesan yang disampaikan sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan lebih baik dan sempurna (Kustandi & Darmawan, 2020). Media pembelajaran interaktif adalah media presentasi yang didalamnya terdapat hypertext, hypermedia, sumber daya multimedia, sumber daya berbasis web dan televisi cerdas. Media interaktif ini memiliki berbagai keunggulan dibandingkan dengan media konvensional diantaranya, arus informasi dua arah, informasi yang didapatkan dapat berbentuk audio-visual yang berdaya rangsang tinggi. Situasi dan kondisi saat ini sangat mendorong penggunaan media pembelajaran interaktif. Pengintegrasian teknologi dengan media pembelajaran ini sangat dirasakan khususnya pada masa pandemi ini. Dimana pendidik dituntut untuk bisa mengajak peserta didik untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran yang mana media pembelajaran interaktif dapat menjadi salah satu media yang dapat digunakan untuk mempermudah proses pembelajaran.

     Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah menggunkaan metode studi literatur yang di lakukan dengan cara menentukan topik penelitian,menggumpulkan daftar pusaka ,membaca ,membandingkan serta mengelolah daftar pusaka tersebut dengan mengaitkan dengan teori atau topik topik yang relevan.

    Media interaktif pada artikel ini dapat di nyatakan dapat membantu mendorong perkembangan proses belajar anak menjadi kearah yang positif.dan dapat meningkatkan efektifitas dan motivasi dalam proses pembelajaran karena memiliki konsep yang menarik siswa untuk belajar dengan cara yang menyenangkan.

     Kesimpulan dari artikel ini adalah media interaktif terbukti dapat meningkatkan persentase keefektifitasan dan minat belajar siswa. Media interaktif terbukti dapat membantu meningkatkan pemahaman konsep, prestasi belajar dan kemampuan berpikir kritis.karena tampilan nya yang menarik media interktif juga dapat membuat proses pembelajaran menjadi menyenangkan.

     Kesimpulan dari ke 3 artikel yang sudah di review adalah perkembangan teknologi berkambang sangat pesat semakin berkembangnya zaman maka dari itu cepat atau lambat perkembangan teknologi tersebut harus di ikuti termasuk pada bidang Pendidikan.Salah satu nya dengan cara memperkenalkan proses pembelajaran dengan menggunakan Media interaktif.Ada banyak sekali inovasi pada media interaktif  yaitu Vidio pembelajaran,Game edukasi dan Platfrom berbasis edukasi dan juga Animasi power point yang membuat proses pembelajaran menarik dan juga menyenangkan.Apalagi bagi Pelajaran yang terkesan membosankan seperti matematika dan fisika.Hal ini dapat menjadi suatu cara agar proses pembelajaran menjadi mudah di pahami juga karena asik nya dalam proses pembelajaran .Media interaktif ini harus di kembangkan dan di terapkan oleh guru atau dosen dosen yang menggajar.Karena terbukti pada salah satu penelitian pada jurnal ini bahwa proses pembelajaran menggunakan media interaktif dapat meningkatkan efektifitas,motivasi dan minat anak dalam proses belajar dan menciptakan suasana yang menyenangkan.

DAFTAR PUSAKA

https://www.researchgate.net/publication/374494541_INOVASI_MEDIA_PEMBELAJARAN_INTERAKTIF_UNTUK_MENINGKATKAN_EFEKTIVITAS_PEMBELAJARAN_ERA_DIGITAL_DI_SEKOLAH_DASAR

https://www.researchgate.net/publication/363472170_Pengembangan_Media_Pembelajaran_Interaktif_Berbasis_Powerpoint/link/631df6900a70852150e799b9/download?_tp=eyJjb250ZXh0Ijp7ImZpcnN0UGFnZSI6InB1YmxpY2F0aW9uIiwicGFnZSI6InB1YmxpY2F0aW9uIn19

https://ejournal.upi.edu/index.php/JIK/article/view/36282/pdf

 

 

 


Comments

Popular posts from this blog

ANALISIS POSTER FILM SPIDERMAN NO WAY HOME MENGGUNAKAN TEORI SEMIOTIKA ROLAND BARTHES

LITERATUR REVIEW 20 JURNAL TENTANG ANIMASI 2D

KERANGKA TEORITIK ANALISIS SEMIOTIKA PADA FILM UP DENGAN TEORI ROLAND BARTHES